Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Website dan Perbedaan Antara Situs Web dan Halaman Web

  

Hallo sahabat Cinta Tekno, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan infomasi yang cukup menarik mengenai apa itu website dan perbedaan situs web dengan halaman website, semoga artikel yang saya tulis ini dapat menginspirasi rekan semua sebelum membangun sebuah website yang baik dan benar.

Situs web atau situs adalah lokasi virtual di World Wide Web. Ini berisi beberapa halaman web dan file data yang dapat diakses pengguna internet melalui browser. Explorer, misalnya, adalah browser. Firefox, Chrome, dan Safari, juga browser. Setiap situs web memiliki URL uniknya sendiri, yaitu alamat situs web. Jika Anda mengetik alamat itu di bagian atas browser Anda, beranda situs web target Anda akan muncul. Kita juga dapat menulis kata-kata 'situs web' dan 'halaman web' sebagai dua kata, yaitu, 'situs web' dan 'halaman web'.

Menurut Kamus Etimologi Online, istilah 'Situs Web' muncul dalam bahasa Inggris pada tahun 1994. Ini adalah kombinasi dari 'Web,' yaitu, dalam arti Internet, ditambah Situs. Etimologi adalah studi tentang asal-usul kata-kata dan bagaimana maknanya berkembang dari waktu ke waktu. Alamat web setiap situs dimulai dengan 'http://'. 'http' adalah singkatan dari HyperText Transfer Protocol,' yang memungkinkan pengambilan sumber daya terkait dari seluruh World Wide Web (WWW). Beranda adalah halaman default atau start-up pada browser. Dengan kata lain, adalah halaman pengantar situs web, yang biasanya berfungsi sebagai daftar isi untuk seluruh situs. Beranda berisi hyperlink ke halaman lain di situs yang sama atau lainnya.

Situs web vs. halaman web

Halaman web tidak sama dengan situs web. Banyak orang keliru menggunakan dua istilah secara bergantian. Situs web adalah kumpulan halaman web. Misalnya, https://www.nytimes.com adalah situs web New York Times. Ini terdiri dari ratusan ribu halaman web. Situs raksasa, seperti Wikipedia dan Amazon, misalnya, berisi jutaan halaman web. Komputer, yang kita sebut 'server, menyimpan atau meng-host file atau dokumen yang membentuk situs web. Ketika Anda menginstruksikan browser Anda untuk melihat situs web, ia mengirimkan permintaan melalui Internet ke server tempat situs tersebut dihosting. Server kemudian merespons dengan mengirim halaman itu kembali ke browser Anda.

Browser menyajikan data itu di layar Anda dengan cara yang masuk akal bagi Anda. Dengan kata lain, browser adalah 'interpreter.' Setiap halaman web umumnya memiliki hyperlink, yaitu, kata-kata atau gambar yang membawa Anda ke suatu tempat. Mereka dapat membawa Anda ke halaman web lain di situs yang sama atau situs web lain. Mereka juga dapat membawa Anda ke bagian lain dari halaman yang sama.

Fungsi situs web

Situs web mungkin memiliki banyak fungsi dan dapat digunakan dalam berbagai mode. Misalnya, sebuah situs mungkin:

  1. Situs komersial
  2. Situs pribadi
  3. Situs organisasi nirlaba
  4. Situs pemerintah
  5. Sekolah online atau perguruan tinggi
  6. Surat kabar atau jurnal online
  7. Situs jejaring sosial
  8. Situs hiburan

Semua situs web yang dapat diakses publik secara kolektif membentuk World Wide Web. Kami juga menyebutnya sebagai Web atau WWW. Situs pribadi, seperti untuk perusahaan dan staf mereka, umumnya merupakan bagian dari intranet.

Berikut definisi mengenai web dan perbedaan web secara singkat yang bisa kami jabarkan, semoga dapat memberi inspirasi dan pengetahuan kepada anda sebelum membangun suatu website pribadi maupun perusahaan, jangan lupa untuk terus berkunjung ke situs Cinta Tekno untuk informasi seputar website dan cara membangun website yang baik di postingan selanjutnya.