Cara Memulai Blog Dalam 7 Langkah Mudah

  Pelajari cara memulai blog dalam 7 langkah mudah. Ikuti panduan langkah demi langkah ini untuk menemukan taktik yang cukup jitu dalam membangun sebuah blog yang cukup sukses, berikut beberpa langkah yang harus kamu lakukan untuk memutuskan menjadi seorang kontent kreator di suatu blog ataupun website. Cara Memulai Blog dalam 7 Langkah Mudah:

  1. Pilih niche blog Anda.
  2. Amankan nama blog dan hosting web Anda.
  3. Instal WordPress ataupun Blogger, tergantung kebutuhan.
  4. Pilih tema blog Anda.
  5. Instal beberapa plugin jika menggunakan WordPress dan setting tata letak yang mudah jika menggunakan blogger.
  6. Membuat konten yang cukup baik, original dan unik.
  7. Promosikan blog Anda

1. Pilih Niche Blog Anda.

Kita semua tahu bahwa blog Anda membutuhkan niche. Entah itu pemasaran, memasak, latihan Crossfit, dogitting vegan, tarian solo parkour bawah air atau topik blog lainnya apa pun, ada banyak hal yang tak ada habisnya untuk blog. 

Berikut masalahnya:

Sebagian besar blogger profesional akan memberi tahu Anda untuk memulai dengan sesuatu yang Anda sukai karena membantu Anda "mempertahankan jadwal penulisan yang konsisten dan mendorong kegagalan untuk berhasil." Mereka juga akan memberitahu Anda untuk memilih topik yang anda sukai, sesuai keterampilan, dan pengalama.: Namun, jika Anda memulai sebuah blog untuk menghasilkan uang, model ini cacat karena kehilangan satu komponen utama dari merek Anda.

Sebagai seorang blogger, Anda adalah merek. Saat memilih niche Anda, pikirkan:

  1. Apa yang ingin Anda ajarkan.
  2. Di mana Anda mungkin sudah memiliki pengalaman.
  3. Manfaat apa pun yang mungkin Anda miliki dalam suatu industri.
  4. Di mana Anda dapat mengekstrak nilai dari pasar.
  5. Untuk analisis yang lebih dalam, saya akan menambahkan postingan tentang cara memilih niche blog Anda di postingan saya selanjutnya.

Dalam tips blogging kali ini, saya ingin mengajarkan konsep yang disebut "The Authority Flywheel". Ini adalah latihan struktur terperinci yang terlihat seperti ini.

Ini memiliki empat bagian yang dimulai dengan "Anda" karena niche Anda didasarkan pada Anda pertama dan terutama,karena kemajuan blog Anda terletak pada niche yang Anda pilih. Langkah selanjutnya adalah mengungkap keahlian Anda. Bukan apa yang Anda pikir Anda seorang ahli di atau ingin menjadi ahli di tapi apa yang Anda memiliki track record terbukti berhasil di Keahlian Anda, tetapi apa yang memungkinkan Anda menghasilkan uang dengan blog baru. Langkah ketiga adalah melihat pasar dengan jujur. Tanyakan: Bagaimana Anda bisa memonetisasi pasar ini? Hanya karena Anda bersemangat tentang niche ini tidak menjadikannya pilihan yang tepat untuk Anda. Dan yang terakhir tetapi tidak kalah tidak sedikit adalah manfaat yang Anda miliki dalam hidup Anda.

Berikut adalah beberapa pertanyaan untuk ditanyakan pada diri sendiri: Tuas apa yang dapat Anda tarik? Apakah Anda memiliki koneksi? Informasi insider di pasar? Satu set keterampilan yang luar biasa dibandingkan dengan kebanyakan orang? Bagaimana Anda diposisikan secara unik untuk memanfaatkan setiap dan segala sesuatu dalam hidup Anda yang orang lain tidak akan dapat mengikuti? Saya benar-benar yakin bahwa The Authority Flywheel merupakan langkah yang tepat ketika anda memilih niche Anda dan memulai sebuah blog yang benar-benar bekerja.

2. Dapatkan Nama Domain dan Web Hosting.

Hal pertama yang Anda butuhkan adalah nama domain Anda sendiri untuk blog Anda.  Berikut adalah beberapa hal lain yang perlu dipertimbangkan ketika memilih nama domain:

  1. Nama Anda harus mudah diingat dan tidak terlalu sulit untuk diketik.
  2. Jangan membingungkan orang dengan ejaan yang sulit, jadi jaga agar nama mudah dieja dan diucapkan.
  3. Hindari menggunakan angka dan tanda hubung di domain Anda karena dapat membingungkan orang.
  4. Jaga agar nama Anda sedikit lebar jika Anda perlu berputar ke topik yang berdekatan.
  5. Setelah Anda memiliki nama yang Anda sukai, Anda perlu mendaftar untuk web hosting jika anda mempunyai sedikit anggaran untuk bisa memulai blog anda dengan self hosting, tetapi jika anda hanya mempunyai modal yang terbatas, anda bisa memulai blog anda dengan menggunakan platform dari Google seperti Blogger, bahkan jika anda tidak membeli domain sekalipun anda masih bisa mempunyai blog dengan memanfaatkan sub domain blogspot yang memang disediakan gratis oleh platform blogger itu sendiri.

3. Memulai Blog Dengan Menginstal WordPress atau Blogger

Tidak dipungkiri sat ini CMS WordPress yang dihosting sendiri adalah platform blog terbaik untuk blogger baru. Tetapi jika anda tidak memiliki dana lebih untuk membeli hosting maka anda bisa mulai dengan menggunakan platform blogger, di postingan selanjutnya saya akan mendefinisikan mengenai perbedaan bllogger dan wordpress serta manfaat yang bisa kita gunakan dari kedua platform tersebut. Harus saya akui saat ini memang banyak platform blog yang bisa kita gunakan, tetapi saya pribadi saat ini hanya menggunakn kedua platform tersebut diatas, yaitu blogger dan wordpress self hosting, kenapa saya sebtkan wordpress self hosting karena wordpress itu sendiri ada 2 macam, wordpress versi gratis seperti wordpress.com dan yang menggunakan hosting pribadi seperti wordpres.org.

Untuk panduan membuat website maupun blog dengan wordpress anda bisa melihat video saya di bawah ini :
dan buat kamu yang ingin membuat website maupun blog secara gratis dengan menggunakan blogger kamu bisa mengunjungi video saya dibawah ini :
Demikian 3 langkah mudah yang wajib kamu lakukan ketika membangun sebuah blog maupun web yang cukup baik, untuk 4 langkah mudah lainnya akan saya bahas di postingan saya selanjutnya, jangan lupa untuk terus mengikuti blog Cinta Tekno untuk mendapatkan informasi terbaru seputar website dan blogging, terimakasih yang sudah berkunjung ke blog saya jangan lipa bagikan artikel ini kepada kerabat maupun di media sosial anda jika menurut anda postingan ini cukup bermanfaat dan membantu perkembangan anda dalam membangun sebuah blog dan website yang cukup baik.



Belum ada Komentar untuk "Cara Memulai Blog Dalam 7 Langkah Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel