Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian dan Fungsi Dari Temporary File Windows


Hallo sahabat Tekno jumpa lagi dengan saya admin tekno yang paling cantik dan unyu-unyu, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tulisan mengenai apa itu Temporary file windows, dan bagaimana fungsi dari temporary file windows itu sendiri, buat sahabat tekno yang masih awam dan belum mengetahui fungsi dari temporary file windows bisa simak ulasan singkat admin di artikel kali ini. 

Pertama kita akan membahas apa itu temporary file windows, jadi temporary file windows itu sendiri memiliki arti bahwa sebuah file-file yang digunakan hanya sementara, file sementara yang memang digunakan untuk menyimpan data pada saat file sedang kita buat, sedang diproses ataupun digunakan. nah setelah mengetahui deskripsi singkat dari temporary file windows ada baiknya sahabat juga mengetahui fungsi dari file tersebut sebenarnya digunakan untuk apa, buat sahabat tekno yang kepo yuk terus lanjutkan membaca artikel ini ya.

File-file sementara (Temporary File) yang dibuat oleh sistem operasi Windows selama ketika berjalan normal mungkin tidak ada cukup memori dialokasikan untuk tugasnya. Software yang menggunakan sejumlah besar data seperti Grafik, Video atau Media mengedit perangkat lunak juga membuat file sementara. Seperti file sementara yang dibuat lebih sering daripada tidak, tertinggal bahkan ketika tugas selesai, yang menyebabkan pemborosan ruang disk pada harddisk.


File Sementara juga dibuat untuk tujuan cadangan oleh program. Sebagai contoh, Microsoft Office menyimpan file sementara dari dokumen yang terbuka setiap beberapa menit. Jika Anda menyimpan dokumen dan keluar, File Temporary akan dihapus. Jika program crash tak terduga, Temporary File tidak akan dihapus. Dengan demikian dapat digunakan untuk membantu memulihkan data yang hilang jika program atau sistemnya tiba-tiba crash.

Idealnya, Temporary File harus segera dihapus setelah keluar dari program. Tapi ini tidak selalu terjadi, menyebabkan ruang disk yang akan terus bertambah dan lama-lama bisa memenuhi harddisk dan tentunya memperlambat kinerja windows itu sendiri.

Lokasi Temporary File

Temporary File di Windows biasanya ditemukan terletak di dua lokasi:
%systemdrive%\Windows\Temp
%userprofile%\AppData\Local\Temp
Jika mengakses pada folder C:\Windows\Temp, maka kita akan mendapati peringatan “You don’t currently have permission to access this folder” kemudian dengan mengklik tombol Continue, maka kita akan mendapati isi folder ini sebagian besar filenya adalah file .tmp, .temp, dan .txt.

Folder lain biasanya terletak di C:\Users\username\AppData\Local\Temp, dibuat untuk setiap pengguna windows. folder ini tersebunyi (hidden), jika ingin melihat isinya kita harus meng-“un-hide” terlebih dahulu di folder options.

File-file sementara yang dibuat oleh sistem operasi Windows biasanya disimpan dalam folder %system%\Windows\Temp, sedangkan salah satu yang dibuat oleh Pengguna ketika menjalankan perangkat lunak apapun yang disimpan dalam profil pengguna di %userprofiles%\AppData\Local\.

File Sementara dari software tertentu juga mungkin berlokasi di sub folder-, di dalam folder induk dari perangkat lunaknya. Pada kondisi yang tidak biasa, folder file sementara atau file-file sementara mungkin bisa dibuat ke dalam direktori root dari drive (Sistem) C. Anda mungkin ingin memeriksa folder untuk detilnya, dan kemudian menghapusnya jika Anda yakin, jika itu memang berisi file sementara.

Demikian ulasan singkat mengenai Temporay File Windows, buat kamu yang sudah membaca situs ini, jangan lupa kunjungi daftar situs saya lainnya disini ya sahabat, inshaAllah kamu akan mendapatkan banyak artikel yang bermanfaat untuk kamu setiap hari, terima kasih.