Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengenalan ke Android



Anda mungkin di sini karena Anda sudah memiliki perangkat Android atau berpikir untuk membelinya. Selamat — smartphone atau tablet baru dapat berguna, memberdayakan, dan juga banyak kesenangan. Berbeda dengan iPhone atau iPad (yang hanya tersedia dalam beberapa model yang berbeda), ada ratusan perangkat Android untuk dipilih. Itulah bagian dari apa yang membuat mereka begitu menarik. Anda pasti akan menemukan sesuatu yang Anda sukai, apakah Anda berbelanja dengan anggaran terbatas atau mencari perangkat high-end terbaru.

Jika Anda bertanya-tanya mengapa ada begitu banyak pilihan, mungkin membantu untuk memahami apa itu Android. Secara teknis, ini adalah sistem operasi untuk smartphone dan tablet. Banyak perusahaan yang berbeda membuat perangkat yang didukung oleh Android, termasuk Samsung, HTC, LG, dan merek lain yang kurang dikenal. Itu sebabnya setiap perangkat Android berbeda — setiap pabrikan suka memutarnya sendiri.

Apa yang membuat setiap perangkat unik?

Perangkat Android bervariasi berdasarkan produsen dan kadang-kadang bahkan operator seluler Anda. Misalnya, lihatlah dua ponsel Android di bawah ini. Apa yang anda lihat?

Beberapa perbedaan sudah jelas, tetapi yang lain kurang jelas. Berikut adalah beberapa contoh:

Ponsel di sebelah kiri sedikit lebih besar
Perangkat keras berbeda (perhatikan tombol di bagian bawah)
Setiap layar memiliki tata letaknya sendiri yang unik.
Beberapa ikon terlihat berbeda; misalnya, bandingkan dua ikon telepon
Ini adalah contoh yang cukup bagus dari jenis variasi yang dapat Anda harapkan dari perangkat Android. Akan selalu ada perbedaan dalam perangkat keras, termasuk hal-hal seperti penampilan luar, kapasitas penyimpanan, dan kualitas kamera. Juga akan ada perbedaan dalam perangkat lunak (dengan kata lain, fitur di layar) yang dapat mempengaruhi pengalaman Anda dengan Android pada umumnya.

Ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan ketika datang ke perangkat Android. Tidak hanya ada ponsel dan tablet yang berbeda untuk dipilih, tetapi ada juga versi yang berbeda dari sistem operasi Android. Hal ini dapat mempengaruhi segala sesuatu dari tata letak layar Anda untuk ketersediaan fitur tertentu. Untuk mempelajari lebih lanjut, lihat FAQ kami.

Membeli perangkat Android
Sekarang, Anda tahu bahwa setiap perangkat Android adalah unik. Jika Anda belum memilikinya, saatnya untuk memilih yang Anda inginkan (ini adalah bagian yang menyenangkan!). Anda juga harus memilih operator seluler dan mencari tahu jenis opsi layanan apa yang ditawarkannya. Perlu diingat bahwa beberapa informasi ini akan berlaku lebih banyak untuk ponsel daripada tablet.

Memilih perangkat
Tiga smartphone yang berbeda
Ada ratusan perangkat Android untuk dipilih, dan masing-masing berbeda. Ini adalah ide yang baik untuk melakukan penelitian sebelum membuat keputusan, terutama jika ada fitur tertentu yang penting bagi Anda.

Jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana, Anda mungkin ingin memeriksa beberapa ulasan di situs-situs seperti CNET dan PCMag. Ini dapat memberi Anda ide yang lebih baik tentang perangkat mana yang tersedia dan seberapa baik kinerjanya. Secara umum, ada tiga faktor yang perlu diingat: harga, fitur, dan operator.

Harga: Perangkat Android dapat sangat bervariasi dalam harga. Misalnya, banyak operator menawarkan ponsel tertentu secara gratis (biasanya model yang lebih tua atau lebih rendah) jika Anda menandatangani kontrak dua tahun. Jika Anda memiliki hati Anda diatur pada telepon kelas atas, Anda dapat mengharapkan untuk membayar $ 100 sampai $ 300 dengan kontrak, yang masih merupakan harga diskon. Tablet umumnya lebih mahal, dan begitu juga ponsel tanpa kontrak.

Fitur: Android datang dalam segala bentuk, ukuran, dan warna. Saat Anda berbelanja, mulailah memikirkan fitur mana yang penting bagi Anda. Beberapa spesifikasi dasar yang perlu diingat adalah ukuran layar, daya tahan baterai, kualitas kamera, dan kinerja umum. Di luar itu, ada sejumlah fitur mutakhir yang perlu dipertimbangkan, termasuk operasi hands-free dan pengenalan sidik jari.
Operator: Jika Anda belum memilih operator, ada baiknya Anda memikirkan yang mana yang mungkin ingin Anda gunakan. Beberapa operator memiliki lebih sedikit perangkat untuk dipilih, sehingga pilihan Anda mungkin lebih terbatas dari yang Anda kira. Yang lain menawarkan harga yang berbeda pada ponsel atau tablet yang sama. Ini dapat memiliki dampak signifikan pada perangkat yang akhirnya Anda pilih.

Memilih operator dan layanan

Untuk melakukan panggilan dengan ponsel Anda—atau menggunakan data seluler dengan tablet Anda. Anda harus membeli layanan dari operator seluler. Sebagian besar operator menawarkan berbagai rencana agar sesuai dengan anggaran dan gaya hidup Anda. Umumnya ada dua jenis layanan untuk dipilih: kontrak dua tahun atau tidak ada kontrak. Keduanya memiliki pro dan kontra.

Kontrak dua tahun: Menandatangani kontrak dua tahun berarti Anda akan menerima perangkat Anda dengan diskon; Namun, Anda akan berkomitmen untuk membayar layanan setiap bulan selama dua tahun ke depan. Setiap kontrak berbeda, jadi pastikan Anda memahami persyaratannya, termasuk kapan dan apakah Anda dapat meningkatkan perangkat Anda di masa mendatang.
Tidak ada kontrak: Beberapa operator, seperti Verizon Wireless dan T-Mobile, menawarkan opsi tanpa kontrak. Ini berarti Anda akan membayar harga penuh untuk perangkat Anda (baik di muka atau dalam angsuran bulanan), tetapi layanan Anda akan lebih murah. Anda juga akan memiliki kebebasan untuk membatalkan layanan Anda kapan saja tanpa penalti atau biaya.

Ketika Anda siap untuk membeli
Sudahkah Anda memutuskan perangkat dan operator mana yang Anda inginkan? Ketika Anda siap, ada banyak cara berbeda untuk melakukan pembelian Anda, termasuk online atau di toko lokal. Luangkan waktu untuk meneliti pilihan Anda sebelum Anda memutuskan.

Di dalam toko: Sebagian besar operator seluler memiliki toko bata-dan-mortir di mana Anda dapat menelusuri stok mereka dan berbicara dengan rekan jika Anda memerlukan bantuan. Jika Anda menginginkan lebih banyak fleksibilitas, periksa pengecer seperti Best Buy, di mana Anda dapat berbelanja beberapa operator yang berbeda sekaligus. Ketika Anda membeli perangkat secara langsung, rekan biasanya akan membantu Anda mengaturnya.

Online: Ada berbagai cara untuk membeli ponsel atau tablet secara online. Misalnya, Anda dapat langsung melalui operator Anda, atau memilih pengecer seperti Target atau bahkan Amazon. Pilihan ini sangat bagus jika Anda merasa percaya diri menavigasi pilihan Anda dan akhirnya menyiapkan perangkat Anda sendiri.
Waspadalah terhadap setiap penjualan atau promosi yang terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan (terutama online). Beberapa perangkat Android sangat mahal, jadi akan selalu ada penjual dan scammers yang ingin memanfaatkan pembeli yang tidak curiga. Jika ragu, beli perangkat Anda dari pengecer atau operator seluler terkenal.