Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memulai dengan Perangkat Anda

Langkah pertama

Mengenal perangkat seluler baru bisa sangat menarik, terutama jika ini adalah smartphone atau tablet pertama Anda. Kuncinya adalah memulai dengan dasar-dasar dan mengambil satu langkah pada satu waktu sehingga Anda tidak kewalahan.

Pertama, pastikan Anda merasa nyaman dengan antarmuka, termasuk layar, beberapa aplikasi bawaan, dan berbagai gerakan yang akan Anda gunakan untuk berkeliling. Kemudian Anda dapat beralih ke beberapa tugas mendasar lainnya, seperti terhubung ke Internet menggunakan Wi-Fi.

Akun Google

Pertama kali Anda menyalakan perangkat Anda, Anda akan diminta untuk mengatur beberapa hal yang berbeda, termasuk bahasa pilihan Anda, tanggal dan waktu, dan (yang paling penting) akun Google Anda. Jika Anda belum memiliki akun Google, Anda dapat membuatnya selama proses penyiapan.

Ada beberapa alasan mengapa langkah ini sangat penting. Singkatnya, akun Google Anda adalah identitas Anda di perangkat Anda. Tidak hanya menghubungkan Anda ke cloud — di mana hal-hal seperti foto dan kontak disimpan — tetapi juga memberi Anda akses ke Play Store, tempat Anda dapat mengunduh dan membeli aplikasi. Semakin banyak Anda menggunakan perangkat Anda, semakin Anda akan melihat seberapa terintegrasi akun Google Anda sebenarnya.

Anda mungkin sudah memiliki akun Google jika Anda menggunakan layanan Google lainnya, seperti Gmail, Chrome, Google Drive, atau bahkan YouTube. Untuk informasi lebih lanjut, lihat tutorial Akun Google kami.

Mengenal perangkat Anda

Setelah perangkat Anda diatur, Anda harus dibawa ke layar sederhana dengan beberapa ikon, tombol, dan fitur lain-lain. Ini sebenarnya adalah salah satu bagian terpenting dari perangkat Anda — ini disebut layar Utama — dan di situlah Anda akan menyimpan semua aplikasi favorit Anda.

Ingat, setiap perangkat Android adalah unik. (Kami membahas beberapa alasan untuk ini dalam pelajaran sebelumnya, Intro ke Perangkat Android.) Ini berarti pengalaman Anda dapat bervariasi tergantung pada ponsel atau tablet Anda. Untungnya, Anda masih bisa belajar banyak dengan membandingkan perangkat Anda dengan perangkat kami.

Klik tombol di interaktif untuk mempelajari lebih lanjut tentang antarmuka, termasuk layar Utama dan fitur lainnya.


Aplikasi dasar
Siap untuk memulai dengan beberapa tugas sehari-hari, seperti email dan pesan teks? Kami akan membahas hal-hal ini secara rinci selama beberapa pelajaran berikutnya, tetapi sementara itu Anda dapat memeriksa perangkat Anda untuk aplikasi bawaan dasar ini. Mereka mungkin menggunakan nama yang sedikit berbeda tergantung pada ponsel atau tablet Anda, tetapi ikon biasanya akan memberi Anda beberapa petunjuk.

  • Telepon untuk melakukan panggilan telepon
  • Pesan untuk pesan teks, atau Hangouts untuk pesan teks ditambah obrolan Google
  • Email untuk mengelola email Anda, atau Gmail jika Anda memiliki akun Gmail
  • Orang untuk daftar kontak Anda (mungkin juga disebut Kontak)
  • Chrome untuk browsing Web (mungkin juga disebut Internet atau Browser)
  • Kamera untuk mengambil foto dan video
  • Play Store untuk mengunduh aplikasi
  • Pengaturan untuk menyesuaikan pengaturan Anda
Beberapa aplikasi ini mungkin sudah ada di layar Utama Anda. Jika tidak, lihat tampilan Aplikasi Anda. Tampilan khusus ini memberi Anda akses ke setiap aplikasi di perangkat Anda. Untuk membukanya, cari ikon di dekat bagian bawah layar Utama.

Gerakan dasar
Gerakan adalah apa yang akan Anda gunakan untuk berinteraksi dengan layar sentuh perangkat Anda. Misalnya, alih-alih mengklik sesuatu dengan mouse Anda, Anda akan mengetuk layar dengan jari Anda. Kami akan merujuk pada gerakan di seluruh tutorial ini, jadi pastikan Anda terbiasa dengan contoh-contoh di bawah ini.

  • Ketuk untuk "klik", pilih, atau buka sesuatu di perangkat Anda, seperti tombol atau aplikasi
  • Ketuk dan tahan untuk sesekali mengakses opsi lain (anggap ini sebagai "klik kanan")
  • Seret untuk menggulir ke atas dan ke bawah, kiri dan kanan, atau arah lain di layar
  • Gesek ke kiri atau kanan untuk "membolak-balik" hal-hal, seperti halaman di layar Utama, foto, atau halaman dalam e-book
  • Ketuk dua kali untuk memperbesar atau memperkecil di aplikasi tertentu, seperti Maps atau Chrome
  • Pinch (yaitu, buka atau tutup ibu jari dan telunjuk Anda) untuk memperbesar atau memperkecil hampir di mana saja
Mengakses Internet
Perangkat Anda dapat terhubung ke Internet hampir di mana saja, baik melalui data seluler (3G / 4G atau LTE) atau Wi-Fi terdekat. Jadi apa sebenarnya perbedaannya? Sebagian besar paket data hanya memberi Anda sejumlah data per bulan, dan mungkin ada dampak jika Anda melampaui batas Anda. Dengan Wi-Fi, Anda dapat menggunakan Internet sebanyak yang Anda inginkan, dan itu tidak akan dihitung terhadap data Anda.

Untuk terhubung ke Wi-Fi (opsional):
Apakah Anda memiliki akses ke jaringan Wi-Fi terdekat (misalnya, di rumah atau di tempat kerja)? Anda dapat dengan mudah terhubung ke sana menggunakan langkah-langkah di bawah ini. Untuk jaringan yang Anda akses berulang kali, Anda umumnya hanya perlu melakukan ini sekali. Lain kali Anda berada dalam jangkauan, Anda akan terhubung ke jaringan secara otomatis, selama Anda membiarkan fitur Wi-Fi diaktifkan.
  • Pastikan Anda berada di layar Utama, lalu buka tampilan Aplikasi. Ikon Anda mungkin terlihat berbeda dari kami, tetapi biasanya ditemukan di baki Favorit di dekat bagian bawah layar.
  • Ketuk ikon Pengaturan. Anda mungkin perlu menggesek beberapa layar untuk menemukannya.
  • Gulir melalui daftar pengaturan sampai Anda menemukan fitur Wi-Fi. Jika belum diatur ke ON, ketuk kontrol di sebelah kanan.
  • Setelah selesai, ketuk kata Wi-Fi. Ini akan membuka daftar jaringan terdekat.
  • Untuk bergabung dengan jaringan, cukup ketuk yang Anda inginkan. Jika jaringan diamankan, Anda harus memasukkan kata sandi untuk terhubung ke sana.
  • Setelah selesai, perangkat Anda akan mengingat detail jaringan (termasuk kata sandi jika ada), sehingga Anda dapat terhubung ke sana secara otomatis di masa mendatang. Jika Anda ingin mengubah pengaturan ini, ketuk dan tahan nama jaringan, lalu pilih Lupakan atau Ubah.
Jika jaringan yang Anda hubungkan tidak aman, Anda dapat mengaksesnya tanpa kata sandi, tetapi Anda harus berpikir dengan hati-hati sebelum Melakukannya (terutama jika itu adalah hotspot publik, seperti Wi-Fi di kedai kopi lokal Anda). Apa pun yang Anda lihat atau bagikan melalui jaringan tanpa jaminan belum tentu aman dari mencongkel mata.

Tips keyboard
Sekarang, Anda mungkin sudah menemukan keyboard di perangkat Anda. Ini dirancang untuk muncul secara otomatis kapan pun Anda perlu mengetik sesuatu; Misalnya, ketika Anda menulis email, mencari di Web, atau mengisi formulir.

Keyboard ini mungkin lebih kecil dari keyboard tradisional, tetapi dilengkapi dengan beberapa jalan pintas yang nyaman untuk membuat mengetik lebih mudah. Ambil contoh di bawah ini. Hal-hal seperti simbol, angka, dan huruf kapital sebenarnya mudah diakses — Anda hanya perlu tahu di mana mencarinya.