Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Android: Pertanyaan yang sering diajukan


Android adalah sistem operasi untuk smartphone dan tablet. Tergantung pada usia dan produsen perangkat Anda, Anda mungkin atau mungkin tidak memiliki versi terbaru. Di bawah ini adalah beberapa tips untuk membantu Anda memahami perbedaannya.

Apa versi android terbaru?

Versi terbaru Android adalah 9.0 "Pie", yang dirilis pada Agustus 2018. Untuk mempelajari lebih lanjut, kunjungi Riwayat Android di situs web Android resmi.

Bagaimana saya bisa tahu versi mana yang saya miliki?

Langkah-langkah untuk memeriksa versi Anda bervariasi tergantung pada perangkat Anda (kadang-kadang tergantung pada versi Anda, percaya atau tidak!). Di bawah ini adalah instruksi umum yang harus bekerja untuk sebagian besar perangkat Android.


  • Buka pengaturan perangkat Anda.
  • Cari opsi yang mengatakan Tentang Perangkat, Tentang Telepon, atau yang serupa.
  • Temukan versi Android Anda di daftar spesifikasi.

Bagaimana cara mendapatkan versi terbaru?
Versi yang kompatibel terbaru akan dikirim ke perangkat Anda secara otomatis setiap kali ada pembaruan atau rilis baru. Yang harus Anda lakukan adalah menerima, dan perangkat Anda akan mengurus sisanya. Jika Anda memiliki ponsel atau tablet yang lebih lama, Anda mungkin tidak dapat meningkatkan ke versi terbaru.

Apa perbedaan antara versi?
Terkadang perbedaannya murni kosmetik; Terkadang mereka dapat memengaruhi perangkat Anda dengan cara yang lebih penting. Di bawah ini adalah beberapa contoh hal yang mungkin berbeda dari versi ke versi:

  • Ikon, tata letak layar, dan elemen visual lainnya
  • Aplikasi atau fitur baru
  • Perubahan pada fitur yang sudah ada
  • Perbaikan "Tersembunyi" yang dapat meningkatkan kinerja perangkat Anda